Mengapa Tiap Bangun Tidur Mata Sering Belekan, Ini Alasannya

Saat bangun tidur, seringkali muncul kotoran atau belek pada mata? Menurut dokter, hal ini sebenarnya masih bisa dianggap wajar kok. Meskipun demikian, ada yang perlu Anda perhatikan.

Menurut dokter spesialis mata RS Universitas Airlangga, dr M. Nurdin Zuhri, SpM, pada waktu tidur memang benar terjadi regenerasi pada sel-sel di mata. Nah, pada proses tersebut sel-sel yang telah mati akan digantikan oleh sel-sel yang baru.

“Sel-sel yang mati ini menumpuk dan mengalir bersama air mata, sehingga waktu bangun tidur akan terdapat kotoran mata pada sudut mata,” ujar dr Nurdin.

Lantas darimana sebenarnya muncul kotoran mata atau belek? Secara normal, sambung dr Nurdin, mata akan mengeluarkan cairan yang berfungsi untuk melindungi permukaan bola mata.

“Jika terjadi infeksi, peradangan atau alergi pada permukaan mata, sel-sel pada permukaan mata dan kelopak merespons dengan mengeluarkan cairan lebih banyak, lebih kental dengan warna yang bervariasi tergantung penyebabnya. Cairan yang kental ini dikenal dengan nama belek,” imbuh dr Nurdin.

Senada dengan dr Nurdin, dr Irastri Anggraini, SpM dari RS Islam Sultan Agung, Semarang, mengungkapkan bahwa wajar jika pada saat tidur keluar sekret yang biasanya berkumpul di pojok mata dan lebih dikenal sebagai belek.

“Ini dikarenakan pada saat mata kita terbuka selama kita aktivitas maka sampah-sampah yang ada di mata akan terkumpul dan akan dibuang keluar oleh selaput mata kita,” lanjut dr Astri.

Menurutnya, pada saat tidur tidak semua dari mata kita tertutupi kelopak mata dengan sempurna. Ada beberapa orang yang memang saat tidur matanya terbuka, sehingga terjadi dry eyes akibat paparan udara dan muncul kotoran matanya.

sumber : detikHealth

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *