Kebiasaan Buruk Habiskan Uang

Anda merasa bahwa uang yang dimliki selalu habis begitu saja ? Bingung uang itu habis dibelanjakan apa saja? Kehabisan uang bisa menjadi masalah bagi Anda apalagi habis sebelum akhir bulan.

Kebiasaan yang tidak baik bisa jadi penyebab uang Anda habis tanpa anda sadari, karena itu hindarilah 7 kebiasaan berikut ini:

1. Hanya fokus pada masa sekarang
Orang-orang cenderung terlalu fokus dengan hidup yang sekarang mereka sedang jalani tanpa berpikir panjang mengenai masa depan mereka. Mau tidak mau, Anda harus tetap memikirkan masa depan terutama ketika membuat keputusan finansial, karena hal itu merupakan sangat penting jika tidak ingin jatuh miskin di masa mendatang.

2. Berpikir sekarang merupakan waktu yang terlalu dini untuk menabung
Mereka yang masih muda, kebanyakan lebih sering memanjakan diri Anda dengan berbagai barang yang mudah dibeli dengan uang. Hal itu mengakibatkan beberapa orang menunda untuk menabung.

Mereka berpikir bahwa sekarang merupakan waktu yang terlalu dini untuk menabung, padahal anggapan itu salah. Menabung merupakan hal penting, dan tidak ada konsep terlalu dini untuk memulai menabung.

3. Belanja lebih besar dari penghasilan
Sah saja jika Anda ingin meningkatkan taraf hidup yang Anda miliki selagi Anda mampu. Namun, jika Anda merupakan orang yang terus menerus menghabiskan uang Anda, Anda mungkin akan menghadapi situasi sulit sebentar lagi. Terus menerus meningkatkan pengeluaran seiring bertambahnya pemasukan Anda, hal tersebut akan berdampak pada sulitnya Anda menyisihkan uang untuk menabung.

4. Mengabaikan utang
Untuk sebagian besar orang di dunia saat ini, inflasi memakan sebagian besar porsi dari keuangan yang mereka miliki. Hal ini sangat sulit keluar dari siklus yang tidak berujung ini dan mengakibatkan sulitnya untuk menabung. Oleh karena itu, membayar utang merupakan prioritas utama Anda. Cobalah membuat sebuah rencana tentang ini dan tetap ikuti aturannya. Hal ini akan membantu Anda untuk mengatur keuangan Anda lebih baik.

5. Terus menerus membeli barang elektronik baru
Kemajuan teknologi akan selalu berkembang dengan pesat, Hal ini tidak akan berujung. Terus menerus membeli barang elektronik baru dikarenakan adanya barang elektronik baru di pasaran akan merugikan Anda.

6. Tidak mencatat pengeluaran
Anda mungkin berpikir bahwa Anda tahu ke mana perginya uang Anda selama ini. Faktanya, hal tersebut tidaklah benar. Anda mungkin hanya hafal pengeluaran besar saja, tapi pengeluaran yang sediki-sedikt Anda tidak ingat. Padahal pengeluaran yang sedikit-sedikit itulah yang paling menghabiskan uang Anda. Karena itu mulailah catat setiap pengeluaran Anda.

7. Tidak membuat anggaran
Anda sudah mengumpulkan semua bukti transaksi dari setiap pengeluaran yang Anda lakukan, menyimpan semuanya dengan rapi serta mencatat untuk apa saja pemasukan selama ini Anda habiskan. Namun, Anda tetap saja merasa sulit untuk menabung. Anda ternyata melewatkan satu hal yang sebenarnya Anda harus lakukan sebelum memulai semuanya. Ya, membuat budget atau anggaran. Anda harus mengetahui berapa anggaran yang ingin Anda keluarkan untuk setiap kebutuhan tertentu.

Sumber : Detik/TDW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *