ESET merilis Penyebaran Malware di Indonesia

ESET kembali memberikan rilis update terhadap penyebaran Malware di Indonesia yang terjadi pada bulan Desember 2015. Pada data yang dirilis, penyebaran Malware cukup merata baik kategori Virus, Trojan, Worm dan kelompok Spyware.


eset-malware-indonesia

Pada daftar tersebut, kelompok Malware Internet (Spyware) hanya diwakili 3 jenis yang salah-satunya menjadi penguasa Malware di Indonesia yaitu Win32/Bundpil, selain Bundpil ada JS/FBook (malware yang menyebar melalui share link URL Facebook) dan Adware.Agent.NPE yang meningkat karena banyaknya aktifitas download software (malware jenis ini menyebar memanfaatkan software-software gratis/free.

Kelompok Malware Trojan via USB (shortcut) hampir mendominasi dengan perwakilan 5 jenis (LNK/Agent dan INF/Autorun) membuktikan masih banyak pengguna yang memanfaatkan media USB Removable sebagai pertukaran/perpindahan data. Sedangkan kelompok Malware Virus (Ramnit, Virut, Sality) masih tetap berada di barisan penyebaran terbanyak dengan memanfaatkan software/aplikasi yang tersimpan pada pengguna komputer. Kelompok Malware kategori Worm juga ikut berada dalam barisan, diwakili Conficker (worm memanfaatkan celah Windows, VB.OLE dan AutoIT (worm duplikasi folder/file).

Terakhir, virus Defo yang menyusup diantara kelompok jenis Malware. virus ini cukup ganas dengan menginfeksi bootsector Windows, dan cukup merepokan pengguna komputer.

Harap berhati-hati terhadap serangan Malware yang aktif menyebar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *